Breaking

Monday, November 2, 2020

Kenali Metode-Metode Dewatering serta Manfaatnya untuk Pembangunan Konstruksi

Foto : atlanticpumps.co.uk

Sebagian dari kamu mungkin masih asing dengan istilah dewatering. Akan tetapi, bagi kamu yang pernah terjun ke dalam konstruksi ataupun pertambangan, sudah pasti tidak asing dengan istilah ini. Agar dapat mudah memahaminya, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertiannya.

Dewatering adalah istilah yang digunakan untuk proses pengeluaran air tanah atau pemantau debit air tanah yang terdapat pada lokasi struktur bangunan. Secara sederhananya, dewatering merupakan proses pemantauan serta mengendalikan air tanah agar kering dan tidak menumpuk sehingga mengganggu pembangunan basement ataupun pertambangan.

Oleh sebab itu, biasanya orang-orang menggunakan jasa dewatering konstruksi untuk membantu mengurangi aliran listrik yang berada di bawah tanah. Terlebih, ketika hendak membangun basement dengan kedalaman tanah yang luar biasa. Biasanya air akan mengucur di bawah tanah. Peran dari dewatering sangat penting agar membuat air tidak memenuhi tanah dan berpotensi menggangu pembangunan.

Nah, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses dewatering:

  • Memperhitungkan aliran air yang akan keluar pada daerah konstruksi
  • Menganalisa pengaruh/dampak dari rembesan air tanah pada konstruksi
  • Mengetahui debit air yang akan di pompa
  • Menghindari kegagalan proses dewatering yang dapat menyebabkan erosi tanah pada lokasi konstruksi


Dewatering sendiri memiliki beberapa metode:

1. Metode predrainage

Prinsip dari metode ini adalah menurunkan muka air terlebih dahulu sebelum dilakukan penggalian. Metode ini sangat cocok digunakan pada tanah yang memiliki karakteristik cadas lunah dan berbutir seragam.

Metode ini tidak akan mengganggu bangunan di sampingnya. Tetapi, sedikit merugikan warga karena bising dan ada polusi yang dihasilkan.

2. Metode cut off

Metode lainnya adalah metode cut off. Metode ini mempunyai prinsip kerja dengan memotong aliran air menggunakan dinding pembatas agar proyek terbebas dari air tanah.

Sewatama hadir untuk menyediakan jasa dewatering yang berkualitas untuk konstruksi agar air dapat kering dan tidak mengganggu jalannya pembangunan. Sebagai perusahaan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 27 tahun, pelayanan dari Sewatama tidak pernah mengecewakan pelanggan.

No comments:

Post a Comment