Breaking

Thursday, November 5, 2020

5 Cara Menangani Migrain Secara Alami

5-Cara-Menangani-Migrain-Secara-Alami
Foto: Canva.com pro

Kondisi sakit kepala di sebagian sisi atau biasa disebut dengan migrain bisa dialami siapa saja. Rasa tidak nyaman ketika migrain menyerang mau tidak mau membuat Anda harus segera mencari cara mengatasi migrain. Walau begitu, meski mengalami kondisi yang satu ini Anda tak perlu cemas. Ada banyak cara penanganan migrain secara alami, tanpa menimbulkan efek samping.


Penanganan Migrain Secara Alami

Migrain tentu saja menimbulkan rasa menyakitkan pada kepala. Anda tidak akan nyaman menjalani aktivitas karena rasa sakit yang mengganggu. Itulah sebabnya Anda perlu mengikuti langkah-langkah menangani migrain di bawah ini.

 

1. Tidur di Tempat yang Menenangkan

Cara alami pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi migrain adalah dengan tidur. Namun, terkadang tidur tidak mudah dilakukan saat kepala terasa nyeri. Oleh sebab itu, Anda harus tidur di tempat yang menenangkan. Anda bisa tidur di ruangan yang gelap dan jauh dari kebisingan. Dengan tidur di ruangan yang hening, rasa nyeri di kepala bisa berkurang.

 

2. Menghirup Aromaterapi

Aromaterapi tak hanya mengeluarkan bau yang wangi saja. Namun di balik keharumannya, aromaterapi mampu memberikan efek yang menenangkan. Anda bisa memasang tanaman aromaterapi untuk mengatasi migrain, salah satunya Lavender. Aromaterapi yang satu ini bisa meringankan migrain jika Anda menghirupnya selama 15 menit.

 

3. Kompres dengan Es Batu

Cara mengatasi migrain berikutnya yaitu dengan mengompres kepala menggunakan es batu. Karena efek dingin mampu mengurangi rasa nyeri di kepala. Anda bisa menyiapkan kantong berisi es batu untuk dikompreskan ke kepala. Selanjutnya, tempelkan kantong berisi es batu tersebut di kepala hingga rasa nyeri berkurang.

 

4. Mandi Air Hangat

Selain efek dingin, rasa hangat juga bisa meredakan migrain di kepala. Untuk itu, Anda bisa mandi dengan air hangat saat terserang migrain. Air hangat mampu memberikan efek menenangkan pada tubuh dan kepala. Sehingga, rasa nyeri dan tubuh yang sakit bisa disembuhkan secara perlahan.

 

5. Meditasi

Migrain tak hanya bisa disembuhkan secara fisik, namun bisa diredakan dari segi mental. Oleh sebab itu, meditasi bisa menjadi alternatif pereda migrain. Anda perlu melakukan meditasi di ruangan yang tenang dan terhindar dari keramaian. Meditasi bisa Anda mulai dengan duduk tenang dan memejamkan mata. Selanjutnya, Anda perlu mengarahkan pikiran ke satu titik dengan cara pernapasan yang benar.

 

Nah itulah deretan review tentang penanganan migrain yang bisa diterapkan. Anda tidak akan mengalami efek samping setelah mengikuti cara mengatasi migrain tersebut. Selalu terapkan cara-cara di atas setiap kali migrain datang menyerang agar rasa sakit bisa segera hilang.

 

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

 

Sumber:

  • https://www.halodoc.com/artikel/atasi-migrain-dengan-melakukan-7-kebiasaan-ini
  • https://www.alodokter.com/cara-mengatasi-migrain-tanpa-obat
  • https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/nyeri-kronis/penyebab-sering-migrain/

No comments:

Post a Comment