Breaking

Friday, July 17, 2020

Mengenal Takikardi, Penyakit yang Diderita oleh Jessica Iskandar dari SehatQ

Mengenal-Takikardi,-Penyakit-yang-Diderita-oleh-Jessica-Iskandar-dari-SehatQ

Beberapa waktu lalu, Jessica Iskandar mengunggah sebuah video di kanal Youtube miliknya saat dia sedang pergi ke rumah sakit. Dari video tersebut, wanita yang akrab disapa jedar ini menginformasikan bahwa dirinya mengidap penyakit takikardi. Dikutip dari laman www.sehatq.com, takikardi merupakan sebuah kondisi ketika jantung berdetak sangat cepat. Apakah penyakit ini berbahaya?

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Setiap tahunnya, tidak kurang dari 17.9juta orang meninggal akibat penyakit jantung yang dideritanya. Takikardia ini merupakan salah satu kelainan jantung yang patut diwaspadai.

Gejala Takikardi

Jantung dikatakan berdetak terlalu cepat jika denyutnya mencapai lebih dari 100 kali per menit. Sedangkan detak jantung dikatakan lambat jika denyutnya kurang dari 60 kali per menit. Kondisi detak jantung berdenyut lambat ini disebut dengan bradikardia.

Dikutip dari laman www.sehatq.com, setiap orang bisa mengalami denyut jantung yang sangat cepat pada kondisi tertentu. Misalnya karena stress, setelah berolahraga, atau karena sakit. Jika tidak ada pemicunya, bisa jadi itu adalah takikardi. Jadi, jika Anda baru saja berolahraga dan merasa detak jantungnya bergerak cepat, itu adalah kondisi yang normal.

Pengecekan menggunakan alat rekam jantung atau elektrokardiogram (EKG) bisa menunjukkan kondisi kelainan ini. Pada beberapa kasus, seseorang yang mengalami takikardi tidak menunjukkan gejala apapun. Namun secara umum, Takikardi bisa dikenali melalui gejala-gejala berikut :

  1. Napas yang pendek
  2. Kepala yang terasa melayang 
  3. Jantung berdebar dengan cepat 
  4. Nyeri di bagian dada 
  5. Pingsan

Meskipun terlihat sepele, nyatanya detak jantung yang cepat bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jantung yang berdetak cepat akan kesulitan memompa darah dalam jumlah yang cukup untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Padahal, aliran darah membawa serta kandungan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika hal ini terjadi, organ-organ penting dalam tubuh akan kekurangan oksigen.

Jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan cepat, ada penyakit berbahaya yang siap menanti, seperti :

  1. Gagal jantung 
  2. Stroke 
  3. Jantung yang berhenti mendadak

Mengerikan, bukan? Karena itulah jika Anda merasa ada yang salah dengan irama detak jantung Anda, Anda bisa memeriksakannya segera agar bisa mendapatkan pertolongan lebih awal jika memang ada indikasi masalah serius.

Penyebab Takikardi

Lalu, apa yang bisa menyebabkan seseorang mengidap takikardia? Kondisi jantung yang berdetak cepat ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Kondisi jantung yang memperburuk pasokan darah
  3. Konsumsi kafein, alkohol, dan obat-obatan yang berlebihan
  4. Tekanan emosional
  5. Kondisi medis yang berkaitan, seperti tiroid dan penyakit paru-paru

Demikian informasi mengenai penyakit takikardia. Lebih cepat Anda mengetahui penyakit ini, lebih cepat pula Anda bisa melakukan perawatan untuk mengobati penyakit ini. Karena itu, jangan ragu untuk pergi menemui tenaga kesehatan ahli jantung untuk berkonsultasi. Jika masih takut keluar rumah atau pergi ke rumah sakit, Anda bisa berkonsultasi dulu secara online.

Bagaimana caranya? Anda bisa menngunjungi laman www.sehatq.com dan menggunakan fitur konsultasi dokter. Anda juga bisa mengunduh dan memasang aplikasi SehatQ di ponsel pintar Anda agar bisa digunakan kapanpun dan dimanapun Anda mau. Selain memiliki fitur konsultasi dengan dokter, Anda juga bisa membuat janji temu dengan dokter hingga membeli obat-obatan medis secara online. Hanya dengan satu aplikasi, Anda sudah bisa mendapatkan banyak manfaat.

No comments:

Post a Comment