Breaking

Sunday, December 1, 2019

Ketahui 5 Manfaat Sunat bagi Kesehatan Reproduksi Laki-Laki

Ketahui-5-Manfaat-Sunat-bagi-Kesehatan-Reproduksi-Laki-Laki
Sunat atau khitan sesungguhnya tidak mempengaruhi kesuburan dan mengurangi kenikmatan seksual laki-laki bersama pasangannya. Nyatanya, sunat dalam dunia medis memiliki berbagai manfaat seperti melindungi alat reproduksi dari penyakit menular seksual dan infeksi saluran kemih. Dokter sunat yang melakukan proses sunat ini pun tentu akan berhati-hati lantaran berhadapan dengan alat reproduksi.

Manfaat Sunat bagi Kesehatan

Sunat merupakan proses pelepasan kulup yang menyelubungi ujung penis. Metode yang dilakukan dokter sunat di antaranya pembedahan biasa atau sunat laser. Dalam bahasa medis, sunat disebut dengan sirkumsisi. Pada dasarnya sunat dapat dilakukan saat laki-laki menginjak usia sehari atau dua hari kelahiran. Namun di Indonesia proses sunat umumnya dilakukan saat anak laki-laki menduduki sekolah dasar. Kenapa sih anak laki-laki harus disunat? Untuk mencari jawabannya yuk simak uraian di bawah ini.
  1. Mengurangi Infeksi Penyakit Seksual

Dalam dunia medis, proses sunat bermanfaat mengurangi risiko infeksi penyakit menular seksual seperti human papilloma virus (HPV). Penyakit menular seksual lainnya ada herpes atau sifilis. Meskipun demikian, ketika laki-laki tumbuh dewasa ia harus tetap melakukan hubungan seksual yang sehat dan aman. Dengan demikian, kecenderungan laki-laki terkena infeksi penyakit seksual pun lebih kecil.
  1. Mencegah Terjadinya Penyakit pada Penis

Penyakit yang menyerang penis bisa saja terjadi karena beberapa hal, seperti kulup yang tidak diangkat atau kurangnya menjaga kebersihan penis. Mungkin saja para laki-laki merasakan nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut dengan fimosis.

Hal ini bisa terjadi karena laki-laki tidak melakukan proses sunat untuk menarik kulup tersebut. Kondisi yang demikian dapat menyebabkan radang kepala penis yang kemudian bahasa medis menyebutnya dengan balanitis.
  1. Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Risiko infeksi saluran kemih biasanya dapat merujuk pada permasalah ginjal. Infeksi ini sangat umum terjadi pada laki-laki yang tidak melaksanakan sunat. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi para laki-laki untuk melaksanakan sunat sejak ia masih kecil. Dalam hal ini para orang tua perlu diedukasi tentang manfaat proses sunat, karena dokter sunat pun akan melakukannya dengan penuh hati-hati.
  1. Mengurangi Risiko Kanker Penis dan Kanker Serviks pada Pasangan

Hal yang paling parah yang akan terjadi apabila laki-laki tidak disunat ialah terkena risiko penyakit kanker penis. Kemudian ketika ia berhubungan badan dengan pasangannya, besar kemungkinan pasangannya terkena risiko kanker serviks. Nah, proses sunat dapat menurunkan kedua risiko tersebut. So, lebih baik disunat atau terkena risiko penyakit mematikan? Pilihannya tentu lebih baik disunat dong.
  1. Kesehatan Penis Lebih Terjaga

Penis yang telah disunat lebih mudah dibersihkan karena kulup yang menyelubungi kepala penis telah diangkat. Dalam hal ini kesehatan penis laki-laki lebih terjamin dibandingkan dengan mereka yang tidak disunat sama sekali. Untuk melakukan proses sunat ini sebaiknya dilakukan saat masih kecil, karena semakin tua usia anak disunat, risiko yang sekiranya terjadi pun semakin besar.

Demikianlah beberapa manfaat sunat bagi kesehatan reproduksi laki-laki. Menjaga kesehatan penis dengan proses sunat merupakan hal yang lebih baik dilakukan, karena termasuk ke dalam investasi masa depan. Dokter sunat Jogja pun menyarankan agar proses sunat dilakukan sedini mungkin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena risiko penis terjangkit penyakit biasanya terjadi ketika laki-laki mulai tumbuh dewasa.

No comments:

Post a Comment